BELAJAR PUBLIC RELATION BERSAMA PT.GARUDA FOOD

                       Hello everyone! welcome to my blogs 'SUNDAY STORY' enjoy to read sunders🌻

       Haii.. kali ini aku mau share pengalaman yang cukup berkesan bagi aku karena kita bisa min dan belajar ke perusahan makanan yang bagi kalian udah ga asing lagi perusahaan lama yang mampu bertahan hingga saat ini dengan segala rintangan tetntu ini menjadi pengalaman yang menarik bagai mana perusahan bekerja di tengah-tengan masyarakat dan penaganan seorang public relation terhadap isu yang menerpa perusahan ini bener-bener bermanfaat buat kalian yang tertarik dengan dunia public relations so guys selamat membaca..

      PT. Garuda Food adalah salah satu perusahaan yang memproduksi makana dan minuman yang telah memiliki brand awareness yang tinggi dikalangan masyarakat Indonesia produk yang dimiliki yaitu kacang,biscuit,minuman berasa, susu dan lainnya. Saat ini PT.Garuda Food Putra Putri Jaya (GPPJ) yang baru saja menjadi salah satu perusahaan dengan status terbuka (Tbk.) sebagai bentuk pengembangan produktifitas perusahaan PT.Garuda Food yang terus membuat inovasi untuk memenuhi selera konsumen sebagai bentuk strategi perusahan untuk bertahan agar menjadi perusahaan pangan yang tetap memiliki top-mind dalam kebutuhan konsumen. Kini PT. Garuda Food menjadi salah satu perusahaan publik/Intilial Public Offering (iPO) pada tanggal 10 Oktober 2018 sehingga menejemen perusahaan turut berpengaruh.



      Bertahannya PT. Garuda Food yang didirikan sejak 1990 hingga sekarang menjadi bukti kuatnya sistem perusahaan karena tidak menutup kemungkinan jika perusahaan semakin diterpa oleh isu hingga krisis yang serius maka diperlukan kompetensi berupa komunikasi, kreatifitas, relasi, membangun trust, willingness to learn segala bentuk komponen ini mampu menjadi satu kesutuhan strategi yang tepat. Setelah memiliki strategi diperlukan adanya SWOT (Strenght,Weakness Oppurtunity,Threat) hal ini mampu menjadi dasar pembuatan strategi program seorang public relations perusahaan. 

      Isu yang memiliki dampak besar dalam produktifitas PT.Garuda Food yaitu adanya isu bahan MSG yang menurut masyarakat dapat membahayakan dalam jangka pendek namun pada faktanya bahan ini diperpolehkan sebagai konsumsi makanan karena telah lulus uji Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) sehingga tidak perlu resah untuk memakan produk asalkan mengetahui batas konsumsi yang normal dan tidak dalam intensitas yang cukup sering dalam waktu dekat, isu ini sering melekat pada perusahaan pangan terutama dapat dikonsumsi dalam jangka panjang dan rasa gurih yang khas membuat keingina terus mengkonsumsi muncul. Klarifikasi dibutuhkan untuk membuat brand awareness dari masyarakat tidak keliru. Selain itu isu yang pernah muncul yaitu adanya produk yang dirasa memiliki efek dapat meracuni seorang siswa yang di klaim menyebabkan mual secara terus-menerus namun setelah melakukan identifikasi hal itu disebakan kondisi badan siswa yang memang kurang sehat. 

    Krisis yang dialami PT.Garuda Food juga sempat dialami ketika terjadinya kebakaran tempat di Kota Pati yang membuat segala media memiliki pemberitaan yang simpang-siur sehingga seorang public relations dalam menyikapi diperlukan strategi mendalam yaitu dengan mengkalrifikasi pemberitaan, menyiapkan standy statemen dalam menghadapi media yang ingin meminta klarifikasi serta riset untuk menyikapi permasalah baik jangka pendek maupun jangka panjang. Disinilah peran public relations yang seperti jantung perusahaan. 

        PT. Garuda Food sebagai perusahaan yang telah memiliki nama besar di Indonesia tentu semua itu tidak semata-mata terlepas dari usaha pihak internal perusahaan tetapi juga masyarakat yang telah mampu menjadi loyal konsumen untuk terus menggunakan produk PT.Garuda Food sehingga program Corporate Social Responbility(CSR) yang disebut Garudafood Sehati yang mencakup program pendidikan, kesehatan masyarakat, bantuan kemanusiaan, dan peduli lingkungan. Hal ini dilakukan oleh PT.Garuda Food sebgai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat dengan contoh kegitan berupa kunjungan ke sekolah dasar dengan tema dongeng untuk menyampaikan pesan akan hidup sehat dan program sosial berupa trauma healing anak-anak korban gempa Lombok, bank sampah, workshop wirausaha warga, bantuan kemanusiaan, dan sahabat inspirasiku. Segala bentuk program ini di dedikasi PT.Garuda Food untuk memenuh kewajiban terhadap masyarakat. 

      Saat ini PT.Garuda Food telah menjadi perusahaan besar dengan status membanggakan yang melekat maka dalam mempertahankan citra perusahaan ddiperlukan keperdulian terhadap loyal konsumen dan isu-isu yang menyangkut citra peruahaan maka strategi penangangan dan langkah preventif untuk pencegahan terus disusun secara tepat dan bijak untuk mempersiakan program yang direncanakan. Public Realations menjadi jantung perusahaan yang dibantu staff dan pihak internal lainnya karena mampu menajdi puras utama pemikiran dalam menangani segala kondisi dengan ide yang dimiliki agar terciptanya perusahaan dengan citra yang baik dan tidak mengurangi loyalitas konsumen mengingat perusahaan yang berada pada ranah pangan seringkali bersitat sensitif.

Comments

Popular Posts